1).
Bisnis dalam bahasa Inggris dapat
dikatakan sebagai business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam
konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam pengertian umum bisnis
juga dapat diartikan sebagai serangkaian
kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa
dan bisnis juga dapat dikatakan sebagai suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan
keuntungan.
2) .
KARAKTERISTIK
SISTEM BISNIS
Kompleksitas keberagaman ketidakpastian
dan dinamika perubahan yang selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan
tantangan. Tantangan – tantangan tersebut tentunya menjadikan system bisnis itu
menjadi dinamis. Beberapa karakteristik bisnis sebgai berikut.
- KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis
yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing
–masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang
bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup
aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas
elektrik, dan produk – produk elektronik .
Kompleksitas yang dihadapi oleh
perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki
perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi
perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi
kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk ekspor dan impor
oleh Negara tujuan .
- SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing
–masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh
perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi
input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan
tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan
yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya
tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam
negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini
perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan
untuk membantu memasarkan produknya.
- PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan
dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan
lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang
tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya
pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan
inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena
adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model
yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
Alternatif yang bisa dilakukan oleh
perusahaan dalam menghadapi perubahan di lingkungan bisnis yaitu ;
1. mengembangkan produk yang sudah ada
di pasaran misalnya dari segi kemasan, manfaat dan bentuk pelayanan.
2.
menciptakan
produk yang benar – benar baru .
Masing
–masing alternatif tersebut harus dipikirkan matang –matang oleh perusahaan
dalam menentukannya dan harus dilihat batasan – batasan yang dimiliki oleh
perusahaan seperti, teknologi, keterampilan dan anggaran yang dimiliki
perusahaan .
3) Peran bisnis dalam kehidupan masyarakat menurut saya pasti sangat penting
bukan hanya untuk saya sendiri tetapi untuk orang lain. Kita sudah sangat kita kenal bisnis karena
dimanapun kita berada pasti kita melihat bentuk bentuk dari bisnis. Bisnis itu
sendiri adalah suatu proses terjadinya jual-beli. Dalam kehidupan sehari – hari
sudah banyak kita mengalami terjadinya proses jual-beli. Dalam bisnis kita
dapat benjadi sebagai pembeli maupun penjual. Di masyarakat,bisnis mempunyai
peranan penting karena karena melalui kegiatan bisnis suatu
perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan,keinginan,dari konsumen yang
beraneka ragam, sehingga masyarakat atau konsumen merasa terpuaskan.
Contohnya:
1.
ketika kalian menjadi penjual
mempunyai suatu bisnis dalam bentuk apapun itu barangnya dapat diperjual
belikan melalui jual online untuk memanfaatkan teknologi yang semakin maju.
Dalam beli jual melalui media online tersebut si penjual dapat irit waktu produksi karena penjual hanya
berhubungan dengan internet dan hp.
2.
Ketika kalian menjadi pembeli
kalian sudah semakin mudah,cepat dan irit waktu karena dalam teknologi yang
semakin maju sekarang para pembisnis memanfaatkan teknologi dengan berjualan secara
online. Yang lagi banyak digunakan pembisnis dalam mempromosikan barangnya
dengan aplikasi ISTRAGRAM. Dalam aplikasi instragram tersebut si pembeli dapat
mencari barang apapun yang diinginkan.
Suatu perusahaan
yang melakukan kegiatan produksi, kemudian distribusi lalu kegiatan pemasaran
yang berkinerja dengan baik dan melayani para konsumen sehingga konsumen
terpuaskan, pasti suatu perusahaan itu akan mendapatkan sebuah keuntungan dan
usaha terus berkembang pesat seperti yang diharapkan. Dengan begitu kebutuhan
konsumen terpenuhi dan kebutuhan produsen pun terpenuhi.
Orang yang
berbisnis harus selalu dinamis, inisiatif, dan kreatif. Semua orang ertarik
untuk mengetahui dan terlibat dalam kehidupan berbisni. Dan menurut saya jika
tidak adanya bisnis dalam kehidupan maka kehidupan kita tidak akan berjalan
dengan semestinya karna adanya bisnis kehidupan kita lebih mudah dan terpenuhi
kebutuhannya setiap orang.
4) Bisnis
terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat
dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat
digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang
dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan :
1. Manufaktur
adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
2. Bisnis jasa
adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
3. Pengecer dan distributor
adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi- distributor atau pengecer.
4. Bisnis pertanian dan pertambangan
adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
5. Bisnis finansial
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
6. Bisnis informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
7. Utilitas
adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
8. Bisnis real estate
adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual,menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
9. Bisnis transportasi
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar